Xiaomi Tingkatkan Produksi Kendaraan Dua Kali Lipat

Xiaomi, yang telah dikenal sebagai raksasa teknologi dalam industri elektronik konsumen, kini semakin menunjukkan keseriusannya dalam memasuki pasar otomotif.

Setelah sukses dengan berbagai produk teknologi canggih, perusahaan ini kini beralih ke industri kendaraan listrik dengan ambisi besar untuk merajai pasar global.

Dalam waktu singkat, Xiaomi telah menunjukkan kemampuan produksinya yang luar biasa. Pabrik Xiaomi di Beijing mampu memproduksi satu unit mobil listrik Xiaomi SU7 setiap 76 detik.

Namun, angka ini tampaknya belum memuaskan ambisi perusahaan yang berencana meningkatkan produksinya menjadi dua kali lipat. Upaya ini mencerminkan tekad Xiaomi untuk tidak hanya bertahan, tetapi juga mendominasi pasar kendaraan listrik global.

Salah satu langkah besar yang akan diambil Xiaomi adalah menggandakan sif produksi di pabrik Beijing. Mulai Juni 2024, sif yang biasanya berjalan selama 8 jam per hari akan ditingkatkan menjadi 16 jam per hari.

Ini adalah upaya besar untuk mencapai kapasitas produksi mendekati 20.000 unit kendaraan per bulan. Perubahan ini tidak hanya akan meningkatkan output, tetapi juga memungkinkan Xiaomi untuk lebih cepat merespons permintaan pasar yang terus berkembang.

Untuk mendukung peningkatan kapasitas produksi ini, para teknisi Xiaomi menggunakan libur Hari Buruh untuk melakukan transformasi peralatan di pabrik mereka.

Langkah ini adalah bagian dari persiapan menyeluruh untuk memastikan bahwa pabrik siap menghadapi lonjakan produksi. Transformasi ini mencakup pembaruan dan penyesuaian pada berbagai mesin dan alat produksi, sehingga dapat bekerja lebih efisien dan efektif dalam jangka panjang.

Baca Juga:  9 HP Xiaomi Ini Akan Mendapatkan HyperOS

Selain menggandakan sif produksi, Xiaomi juga telah meningkatkan pesanan komponen dari berbagai pemasok hingga 80 persen. Misalnya, kebutuhan satu jenis komponen meningkat dari 10.000 set per bulan menjadi 18.000 set per bulan.

Langkah ini menunjukkan betapa seriusnya Xiaomi dalam mempercepat produksi kendaraan listrik mereka. Dengan memastikan ketersediaan komponen yang cukup, Xiaomi dapat menjaga kelancaran produksi dan menghindari potensi hambatan yang disebabkan oleh kekurangan material.

Xiaomi juga mulai merekrut lebih banyak pekerja sejak awal April 2024 untuk mendukung peningkatan kapasitas produksi ini. Rekrutmen ini tidak hanya mencakup tenaga kerja untuk lini produksi.

Tetapi juga berbagai posisi teknis dan manajerial yang dibutuhkan untuk menjalankan operasi pabrik yang lebih besar dan lebih kompleks. Langkah ini adalah bagian dari strategi Xiaomi untuk membangun tim yang kuat dan kompeten guna mencapai target ambisius mereka.

Selain fokus pada peningkatan produksi, Xiaomi juga memiliki rencana ambisius untuk meluncurkan mobil SUV pertama mereka. SUV ini diharapkan dapat mengaspal pada tahun depan, menambah portofolio produk otomotif Xiaomi yang sudah ada.

Peluncuran ini akan menandai langkah penting dalam ekspansi Xiaomi di industri otomotif, dan diharapkan dapat menarik minat konsumen yang lebih luas.

Tidak berhenti di situ, Xiaomi juga merencanakan pembangunan pabrik baru yang ditargetkan selesai pada tahun 2025. Pabrik ini diharapkan dapat menambah kapasitas produksi tahunan sebanyak 150.000 unit kendaraan, sehingga total kapasitas produksi menjadi 300.000 unit per tahun.

Baca Juga:  Kenalkan Xiaomi Redmi 13C, Android Serasa iPhone

Pembangunan pabrik baru ini menunjukkan komitmen jangka panjang Xiaomi dalam industri otomotif, serta kesiapan mereka untuk berinvestasi besar-besaran demi mencapai posisi terdepan di pasar.

Langkah-langkah strategis yang diambil oleh Xiaomi, mulai dari peningkatan sif produksi, transformasi peralatan, peningkatan pesanan komponen, rekrutmen pekerja baru, hingga pembangunan pabrik baru, semuanya menunjukkan keseriusan Xiaomi dalam menggarap pasar otomotif.

Jika semua rencana berjalan sesuai jadwal, Xiaomi berpotensi menjadi pemain utama di industri otomotif global, mengukuhkan posisinya tidak hanya sebagai produsen elektronik terkemuka, tetapi juga sebagai inovator dalam kendaraan listrik.

Tinggalkan komentar