Cara Split Screen Xiaomi Belah Layar Menjadi Dua

Bagi pengguna hp Xiaomi dengan kebutuhan multitasking tinggi, Anda harus mengetahui fitur yang bernama split screen. Fitur ini sudah banyak tersedia di smartphone Xiaomi versi terbaru.

Mulai dari MIUI dan HyperOS terbaru, sudah menerapkan fitur split screen atau belah layar menjadi dua di hp Xiaomi. Secara garis besar, fitur ini memungkinkan Anda membuka dua aplikasi dalam satu jendela layar hp.

Bagi yang masih belum jelas tentang fitur split screen, kami akan memberitahukan pengertiannya kepada Anda. Di bawah ini kami juga akan menjelaskan cara dan tutorial lengkapnya.

Apa Itu Split Screen di Hp Xiaomi

Slit screen atau membagi layar pada hp Xiaomi merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membagi layar menjadi dua bagian, memungkinkan pengguna untuk membuka dan menggunakan dua aplikasi secara bersamaan dalam satu layar.

Melalui fitur ini, pengguna dapat menjalankan aplikasi pertama di bagian atas layar sementara aplikasi kedua di bagian bawah layar, memungkinkan untuk multitasking dengan lebih efisien.

Misalnya, pengguna dapat menonton video di YouTube sambil tetap dapat menggunakan aplikasi lain seperti WhatsApp, pengguna tetap bisa terhubung dengan pesan atau informasi lainnya sambil menikmati konten YouTube-nya.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk meningkatkan produktivitas dan kenyamanan penggunaan hp Xiaomi, dengan memungkinkan mereka untuk melakukan beberapa tugas sekaligus tanpa harus beralih antar-aplikasi secara terus-menerus.

Dengan memanfaatkan layar yang lebih luas secara efektif, pengguna dapat mengoptimalkan pengalaman penggunaan hp Xiaomi mereka dengan cara yang lebih efisien dan nyaman.

Fitur ini merupakan salah satu dari banyak fitur yang ditawarkan oleh hp Xiaomi untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan beragam dalam penggunaan perangkat mereka sehari-hari.

Cara Split Screen Layar Dua Xiaomi Redmi

Yuk langsung saja kita simak bersama-sama tentang bagaimana cara melakukan split screen layar dua di hp Xiaomi Redmi semua tipe. Silahkan simak penjelasan dan tutorialnya di bawah ini.

1. Aktifkan Split Screen

Untuk memulai menggunakan fitur split screen di ponsel Xiaomi, langkah pertama adalah mengaktifkan fitur ini melalui pengaturan. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Pengaturan Xiaomi dengan mengetuk ikon berlogo gear.
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi ‘Pengaturan Tambahan’ (Additional Settings).
  • Ketuk ‘Pintasan Tombol’ (Button Shortcuts) dan pilih ‘Buka Layar Split’ (Open Split Screen).
  • Di sini, Anda akan melihat beberapa opsi untuk mengaktifkan split screen Xiaomi melalui gestur, seperti ‘Tekan dan Tahan Tombol Beranda Beberapa Detik’, ‘Tekan dan Tahan Tombol Menu Beberapa Detik’, atau ‘Tekan dan Tahan Tombol Kembali Beberapa Detik’. Pilih salah satu gestur yang paling nyaman bagi Anda.
  • Setelah memilih gestur, simpan pengaturan tersebut.
  • Sekarang, fitur split screen Xiaomi telah diaktifkan dan siap digunakan.

2. Jalankan Aplikasi Pertama

Setelah mengaktifkan fitur split screen, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi pertama yang ingin Anda gunakan dalam mode layar terbagi. Sebagai contoh, Anda dapat membuka aplikasi YouTube dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi YouTube seperti biasa.
  • Putar video atau konten yang ingin Anda tonton.

3. Lakukan Split Screen

Dengan aplikasi YouTube sudah terbuka, saatnya untuk melakukan split screen menggunakan gestur yang sudah Anda pilih sebelumnya. Berikut langkahnya:

  • Gunakan gestur yang telah Anda pilih untuk membuka layar split. Misalnya, jika Anda memilih gestur ‘Tekan dan Tahan Tombol Beranda Beberapa Detik’, lakukan gestur tersebut sampai opsi split screen muncul di layar.
  • Tempatkan aplikasi YouTube pada bagian atas layar dengan menyeretnya ke posisi yang diinginkan.

4. Jalankan Aplikasi Kedua

Saat layar sudah terbagi, Anda dapat menjalankan aplikasi kedua di bagian bawah layar. Berikut langkahnya:

  • Di bagian bawah layar yang kosong, akan muncul daftar aplikasi yang dapat dijalankan dalam mode split screen.
  • Ketuk salah satu aplikasi dari daftar tersebut untuk membukanya.
  • Sebagai contoh, Anda dapat membuka aplikasi WhatsApp. Tinggal buka saja aplikasi WhatsApp.
  • Maka otomatis WhatsApp akan terbuka di bagian bawah layar YouTube yang sedang berjalan.

5. Atur Ukuran Split Screen

Terakhir, Anda dapat mengatur ukuran layar bagi masing-masing aplikasi sesuai kebutuhan Anda. Berikut langkahnya:

  • Geser garis pembatas antara kedua aplikasi ke atas atau ke bawah untuk menyesuaikan ukuran masing-masing aplikasi.
  • Xiaomi menyediakan pilihan ukuran layar, seperti 25%, 50%, dan 75% dari layar utama. Pilih ukuran yang sesuai dengan preferensi Anda.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu penjelasan dari kami mengenai cara split screen layar dua di hp Xiaomi, Redmi, dan Poco semua tipe. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu Anda mempermudah kegiatan multitasking di hp.

Tinggalkan komentar