2 Cara Mengunci Aplikasi di Hp Xiaomi PIN, Pola, Deteksi Wajah

Salah satu cara mengamankan privasi aplikasi adalah dengan menguncinya mengguanakan PIN, pola, deteksi wajah, password, ataupun sidik jari yang tersedia di hp Xiaomi.

Terutama aplikasi yang berkaitan dengan data pribadi seperti media sosial, aplikasi toko online, dan sejenisnya. Tujuannya agar aplikasi-aplikasi tersebut tidak diakses sembarangan oleh orang lain.

Anda bisa menggunakan fitur kunci aplikasi bawaan Xiaomi ataupun menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jika ingin lebih hemat memori gunakan saja aplikasi bawaan, tapi jika ingin fitur lebih lengkap bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Apa Itu Kunci Aplikasi di Hp Xiaomi

Kunci aplikasi di hp Xiaomi adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengamankan aplikasi tertentu dengan password, sehingga hanya orang yang memiliki akses tersebut yang bisa membuka aplikasi.

Fitur ini penting bagi pengguna yang ingin menjaga privasi dan keamanan data mereka, terutama pada aplikasi yang berisi informasi pribadi seperti akun media sosial seperti Instagram, Facebook, atau email seperti Gmail.

Dengan menggunakan kunci aplikasi Xiaomi, pengguna dapat memastikan bahwa hanya mereka yang memiliki akses yang sah yang dapat mengakses informasi sensitif dalam aplikasi tersebut.

Hal ini tentu saja akan otommatis meningkatkan tingkat keamanan dan privasi pengguna dalam penggunaan perangkat Xiaomi, Redmi, atau Poco mereka.

Selain itu, fitur kunci aplikasi juga membantu mencegah akses yang tidak sah atau tidak diinginkan ke dalam aplikasi-aplikasi tertentu pada perangkat Xiaomi.

Dengan mengunci aplikasi, pengguna dapat membatasi akses orang lain yang mungkin memiliki akses fisik ke perangkat mereka, seperti teman atau keluarga.

Hal ini membantu meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap keamanan perangkat mereka, serta memberikan kendali yang lebih besar atas data pribadi mereka.

Secara garis besar, fitur kunci aplikasi di hp Xiaomi menjadi salah satu fitur penting dalam menjaga keamanan dan privasi pengguna pada perangkat Xiaomi.

Cara Mengunci Aplikasi Xiaomi Redmi

Cara mengunci semua aplikasi di hp Xiaomi Redmi akan kami tuliskan secara lengkap di bawah ini. Silahkan ikuti petunjuknya agar Anda bisa melakukannya dengan baik.

1. Menggunakan Fitur Kunci Aplikasi Bawaan

Cara pertama untuk mengunci aplikasi di hp Xiaomi adalah menggunakan fitur bawaan yang sudah tersedia di perangkat Xiaomi. Untuk mengunci aplikasi tertentu atau bahkan semua aplikasi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Mulailah dengan membuka menu Pengaturan. Anda dapat menemukan menu Pengaturan dengan melakukan swipe layar dari bagian atas ke bawah.
  • Kemudian pilih ikon di pojok kanan atas yang berbentuk seperti gerigi.
  • Setelah masuk ke menu Pengaturan, cari dan klik menu “Aplikasi” atau biasanya disebut dengan “Apps”.
  • Di dalam menu Aplikasi, Anda akan menemukan beberapa opsi. Pilih opsi “Kunci Aplikasi”.
  • Setelah masuk ke dalam menu Kunci Aplikasi, klik opsi “Hidupkan”. Di sini, Anda akan diberikan beberapa metode untuk mengamankan aplikasi, seperti Pola, PIN, Sandi, atau bahkan Sidik Jari.
  • Setelah memilih metode pengamanan yang diinginkan (misalnya, Anda memilih Pola), Anda akan diminta untuk menambahkan Akun Mi atau Mi Account.
  • Selanjutnya, Anda dapat memasukkan Akun Mi atau memilih opsi “Nanti” untuk melewati langkah ini.
  • Sekarang, Anda dapat memilih aplikasi yang ingin Anda kunci atau amankan.
  • Di dalam menu Kunci Aplikasi, Anda dapat memilih beberapa aplikasi yang ingin diamankan dengan mencentang aplikasi seperti WhatsApp, Telegram, Galeri, Gmail, atau Facebook.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Opsi selanjutnya Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang banyak tersedia di Play Store untuk mengunci aplikasi yang Anda inginkan. Langkah-langkah melakukannya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, cari dan unduh aplikasi kunci pihak ketiga yang tersedia di Play Store.
  • Setelah mengunduh aplikasinya, pastikan untuk menginstalnya dan buka aplikasi tersebut di perangkat Anda.
  • Di halaman depan aplikasi, Anda akan disajikan dengan berbagai menu fitur yang tersedia.
  • Pilihlah menu “Lock Your Apps” atau semacamnya, tergantung dari nama menu yang diberikan oleh aplikasi tersebut.
  • Setelah memilih menu yang sesuai, Anda akan melihat daftar aplikasi yang terpasang di perangkat Anda.
  • Pilih aplikasi-aplikasi yang ingin Anda kunci dengan mengetuk ikon “gembok” hingga gambar gembok tersebut tertutup.
  • Terakhir, Anda dapat memilih metode pengamanan yang diinginkan untuk mengunci aplikasi tersebut.
  • Anda dapat menggunakan PIN, pola, sidik jari, atau bahkan face unlock tergantung dari fitur yang disediakan oleh aplikasi kunci pihak ketiga yang Anda pilih.

Akhir Kata

Artikel mengenai cara mengunci aplikasi Xiaomi dan Redmi telah rampung dibahas dengan jelas. Namun jika Anda masih bingung dan punya pertanyaan, tulislah di kolom komentar yang tersedia.

Tinggalkan komentar