Cara Menghapus Riwayat Mi Browser di HP Xiaomi

Mi Browser telah menjadi peramban bawaan pada smartphone Xiaomi, fiturnya yang berbeda membuat banyak orang masih kerap bingung mengoperasikannya. Termasuk cara menghapus riwayat pencarian pada Mi Browser di hp Xiaomi.

Apalagi bagi yang terbiasa menggunakan Google Chrome sebagai aplikasi browser bawaan, pasti akan terasa kagok ketika baru pertama kali menggunakan Mi Browser. Lantas, bagaimana cara menghapus history pencarian di Mi Browser?

Apa Itu Mi Browser?

Mi Browser, yang menjadi browser bawaan pada smartphone Xiaomi, Redmi, dan Poco, merupakan elemen penting dalam pengalaman browsing di internet oleh pengguna.

Meskipun banyak pengguna memilih untuk beralih ke browser pihak ketiga seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox, beberapa tetap setia pada Mi Browser. Dalam konteks ini, penting untuk memahami bagaimana membersihkan dan mengelola Mi Browser untuk memastikan kinerja yang optimal.

Pertama-tama, mari kita bahas mengapa membersihkan Mi Browser menjadi suatu keharusan. Seperti browser pada umumnya, penggunaan yang intens dapat mengakibatkan penumpukan riwayat penelusuran dan cache.

Ini bisa menyebabkan kinerja browser menjadi lambat dan lag, bahkan dapat menyebabkan bug atau error pada Mi Browser. Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu diambil untuk memperbaiki kinerja adalah menghapus riwayat penelusuran.

Selain menghapus riwayat penelusuran, membersihkan cache atau file sampah juga merupakan langkah penting dalam menjaga kecepatan dan efisiensi browser.

Cache adalah file sementara yang disimpan oleh browser untuk mempercepat waktu loading halaman web yang sering dikunjungi. Hal tersebut akan membuat kinerja browser menjadi semakin baik.

Pasalnya, jika cache terlalu banyak tersimpan di Xiaomi, ini dapat mengakibatkan pembatasan ruang penyimpanan dan bahkan membuat browser menjadi kurang responsif.

Caara Menghapus Riwayat Penelusuran Mi Browser

Untuk pengguna Mi Browser terbaru, mungkin masih ada beberapa yang belum tahu caranyya menghapus riwayat penelusuran dan cache pada Mi Browser. Padahal, sebenarnya hal tersebut tidak sulit untuk dilakukan.

1. Cara Hapus Riwayat Penelusuran Mi Browser

Cara menghapus riwayat pencarian dan penelusuran pada Mi Browser cukup mudah, berikut tutorialnya yang bisa Anda ikuti:

  • Buka Mi Browser
  • Masuk ke bagian profil di pojok kanan bawah
  • Masuk ke menu ‘Bookmark & Riwayat’
  • Pilih opsi ‘Riwayat’
  • Klik ‘Hapus Riwayat’

2. Cara Hapus Cache di Mi Browser

Agar Mi browser bisa dibuka dengan lebih ringan dan tanpa lag, Anda juga bisa melakukan penghapusan file sampah atau cache. Caranya cukup mudah, silahkan ikuti panduan sebagai berikut:

  • Buka menu ‘Pengaturan’
  • Masuk ke menu ‘Aplikasi’
  • Pilih opsi ‘Kelola Aplikasi’
  • Cari dan buka Mi Browser
  • Pilih opsi ‘Penyimpanan’
  • Klik ‘Hapus Data’
  • Pilih opsi ‘Bersihkan Cache’ dan ‘Hapus Semua Data’

Manfaat Menghapus Riwayat dan Cache Mi Browser

Menghapus riwayat penelusuran dan cache pada Mi Browser Xiaomi tidak hanya untuk menjaga kinerja browser, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari kebiasaan membersihkan riwayat penelusuran dan cache pada Mi Browser Xiaomi, Redmi, dan Poco:

1. Optimalkan Kinerja Browser

Dengan menghapus riwayat penelusuran Mi Browser Xiaomi, Anda mengurangi jumlah data yang harus dikelola oleh browser. Penumpukan riwayat penelusuran dapat menyebabkan kinerja Mi Browser menjadi lambat.

Terutama jika riwayat penelusuran Mi Browser Xiaomi tersebut telah mencapai jumlah yang signifikan. Dengan membersihkannya secara berkala, Anda dapat memastikan bahwa browser berjalan lebih lancar dan responsif.

2. Percepat Waktu Loading Halaman

Cache adalah file sementara yang disimpan oleh Mi Browser Xiaomi untuk mempercepat waktu loading halaman web yang sering dikunjungi. Sebab, jika terlalu banyak cache dapat mengakibatkan kinerja yang lambat.

Dengan menghapus cache pada Mi Browser Xiaomi, Anda memberikan ruang baru untuk penyimpanan cache yang lebih efisien. Sehingga waktu loading halaman pun dapat dipercepat.

3. Hemat Ruang Penyimpanan

Riwayat penelusuran dan cache pada Mi Browser Xiaomi dapat mengambil sejumlah ruang penyimpanan pada perangkat. Dengan membersihkannya, Anda tidak hanya mengoptimalkan kinerja browser.

Tetapi Anda juga dapat menghemat ruang penyimpanan atau memori internal pada smartphone Xiaomi. Ini khususnya penting untuk perangkat dengan kapasitas penyimpanan terbatas pada ponsel Xiaomi Anda.

4. Privasi dan Keamanan

Menghapus riwayat penelusuran pada Mi Browser juga menjadi langkah yang penting untuk menjaga privasi. Hal ini akan mencegah orang lain melihat halaman web yang telah Anda kunjungi.

Selain itu, membersihkan riwayat penelusuran pada Mi Browser Xiaomi juga dapat membantu melindungi informasi pribadi Anda dari akses yang tidak diinginkan.

5. Pencegahan Bug dan Error

Penumpukan data yang tidak diperlukan, termasuk riwayat penelusuran dan cache yang terlalu banyak, dapat menyebabkan bug atau error pada Mi Browser. Dengan membersihkannya, Anda dapat mencegah potensi masalah teknis yang dapat mengganggu pengalaman browsing Anda.

Dengan membersihkan history pencarian, Anda juga dapat memastikan tautan dan yang Anda dapatkan dari hasil pencarian adalah yang paling mutakhir. Hal ini membantu dalam mendapatkan hasil pencarian yang relevan dan akurat ketika mengoperasikan Mi Browser Xiaomi.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari kami mengenai cara menghapus riwayat mi browser pada hp xiaomi. Semoga ulasan dari kami bermanfaat sehingga Anda bisa menggunakan Mi Browser dengan lebih optimal.

Tinggalkan komentar