2 Cara Mengecek Garansi Xiaomi via Website dan IMEI

Cara mengecek garansi Xiaomi perlu dilakukan ketika terjadi kerusakan pada smartphone Anda, namun tidak ingin mengeluarkan biaya untuk perbaikan. Garansi bisa diklaim untuk mendapatkan perbaikan gratis dari service center Xiaomi.

Tapi sebagian pengguna Xiaomi mungkin masih kebingungan bagaimana cara untuk mengetahui apakah garansi Xiaomi masih aktif atau tidak, berlaku sampai kapan, dan apakah masih bisa diklaim atau sudah kadaluarsa.

Tak perlu khawatir akan masalah tersebut. Di kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang bagaimana cara mengecek garansi Xiaomi dengan mudah, silahkan baca ulasannya sampai tuntas di bawah ini.

Apa Itu Garansi Xiaomi?

Garansi Xiaomi merupakan jaminan yang diberikan oleh perusahaan kepada konsumennya untuk melindungi perangkat smartphone, charger, dan aksesori bawaan yang terdapat pada ponsel Xiaomi, Redmi, dan Poco.

Garansi ini dirancang untuk menjamin bahwa produk-produk tersebut bebas dari kerusakan atau cacat dalam kurun waktu tertentu setelah pembelian. Adapun masa garansi Xiaomi berbeda-beda tergantung jenis produk dan serinya.

Umumnya, masa berlaku garansi Xiaomi untuk produk telepon genggam adalah selama 15 bulan, sedangkan untuk charger dan aksesori bawaan hanya 6 bulan. Namun, beberapa series produk tertentu dapat menikmati masa garansi yang lebih panjang, yakni selama 24 bulan.

Jenis Kerusakan yang Ditanggung Garansi Xiaomi

Dalam praktiknya, garansi Xiaomi mencakup sejumlah kerusakan yang mungkin terjadi pada telepon genggam atau tablet. Beberapa kerusakan yang dijamin dalam garansi ini meliputi:

  • Kerusakan layar, termasuk tidak adanya tampilan atau tampilan yang tidak normal
  • Ketidakmampuan telepon untuk menyala atau membuat panggilan
  • Kerusakan yang memengaruhi berbagai fungsi seperti getar, dering, dan tombol
  • Kerusakan akibat mati yang tidak normal
  • Koneksi yang buruk terhadap kartu SIM
  • Masalah pada suara atau volume.

Bagi charger, garansi mencakup masalah yang dapat timbul pada charger asli, termasuk ketidakmampuannya untuk berfungsi.

Sementara itu, untuk baterai, garansi melindungi konsumen dari masalah yang mungkin muncul setelah pengisian penuh atau ketidakmampuan perangkat untuk mengisi daya dengan baik.

Terakhir, kabel data juga termasuk dalam garansi Xiaomi, dan konsumen dapat mengajukan klaim garansi jika kabel data yang disertakan tidak berfungsi dengan baik.

Cara Mengecek Garansi Xiaomi

Lalu bagaimana cara mengecek dan mengetahui garansi Xiaomi masih aktif atau tidak? Sebenarnya hal ini masih mudah untuk dilakukan, silahkan ikuti panduan lengkapnya di bawah ini:

1. Melalui Website

Pertama kita bisa melakukan pengecekan langsung melalui website resmi Xiaomi. Langkahnya bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

  • Akses Google Chrome atau browser lainnya.
  • Kunjungi laman “m.buy.mi.co.id/id/registration
  • Isi kolom yang telah disediakan dengan nomor IMEI yang diperoleh dari Pengaturan/Setting.
  • Klik “Langkah berikutnya” untuk melihat seluruh informasi garansi HP.

2. Menggunakan IMEI

  • Buka aplikasi panggilan telepon.
  • Pada menu keypad, ketik “#06*”
  • Salin IMEI yang muncul di pop-up.
  • Kunjungi laman “imei.kemenperin.go.id”.
  • Jika IMEI terdaftar, maka garansi masih berlaku dan dapat digunakan.

Kesimpulan

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembahasan mengenai cara mengecek garansi Xiaomi telah selesai. Informasi yang disajikan di artikel ini diharapkan dapat membantu pengguna Xiaomi untuk memverifikasi status garansi perangkat mereka dengan mudah.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau pembaruan terkini, disarankan untuk membaca artikel lainnya di website OmXiaomi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pengguna Xiaomi yang ingin memastikan keberlanjutan garansi perangkat mereka. Terima kasih atas perhatian Anda.

Tinggalkan komentar