5 Cara Mengatasi Memori Penuh Xiaomi Padahal Aplikasi Sedikit

Pernahkah Anda mengalami masalah memori di hp Xiaomi penuh padahal aplikasi yang diinstal sedikit? Bagaimana cara mengatasi notifikasi memori penuh tersebut?

Perlu diingat, bahwa memori pada sebuah smartphone, termasuk Xiaomi, tidak hanya terkuras karena install aplikasi saja. Melainkan ada berbagai faktor lain seperti sistem operasi, cache, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, ada banyak cara lain untuk membuat ruang penyimpanan di hp Xiaomi lebih luas tanpa harus menghapus aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya di hp Xiaomi, Redmi, atau Poco.

Penyebab Memori di Hp Xiaomi Penuh

Penyebab memori internal penuh pada hp Xiaomi dapat disebabkan oleh beberapa faktor selain hanya jumlah aplikasi yang diinstal. Salah satu faktor utama adalah kapasitas memori internal yang terbatas pada perangkat.

Jika hp Xiaomi memiliki kapasitas penyimpanan yang rendah, pengguna akan lebih cepat mengalami kehabisan ruang bahkan jika hanya menginstal sedikit aplikasi saja.

Selain itu, file-file yang menumpuk di File Manager seperti unduhan, dokumen, atau file sementara dari aplikasi dapat secara signifikan mengurangi ruang penyimpanan.

Selanjutnya, galeri yang penuh dengan foto dan video, terutama yang berukuran besar, dapat dengan cepat menguras memori internal pada smartphone Xiaomi.

Pengguna seringkali tidak menyadari betapa besar ukuran file media tersebut. Selain itu, data dan cache yang dihasilkan oleh aplikasi juga dapat memakan ruang penyimpanan yang cukup besar.

Penggunaan aplikasi tanpa pemantauan atau pengaturan yang benar terhadap data dan cache bisa menyebabkan penumpukan file pada memori yang berlebihan, menyusutkan memori internal dengan cepat.

Cara Mengatasi Memori Penuh di Hp Xiaomi

Inilah tips dan cara untuk mengatasi memori penuh pada smartphone Xiaomi padahal aplikasi sedikit. Langsung saja silahkan simak panduannya di bawah ini satu per satu.

1. Hapus Cache Xiaomi

Cara pertama dan paling efektif untuk mencoba mengurangi penggunaan memori Xiaomi adalah dengan menghapus cache aplikasi-apliaksi yang terinstal pada smartphone Xiaomi, caranya yaitu sebagai berikut.

  • Buka Pengaturan di perangkat Anda dan pilih opsi Aplikasi.
  • Telusuri aplikasi yang perlu di-refresh, lalu masuk ke pengaturannya.
  • Sentuh opsi “Hapus Data” untuk membersihkan semua informasi yang tersimpan.
  • Selanjutnya, sentuh “Hapus Cache” untuk menghilangkan file sementara.
  • Nikmati kinerja yang lebih segar dan optimal setelah membersihkan aplikasi tersebut.

2. Pindahkan Media ke Memori Eksternal

Untuk meningkatkan ruang penyimpanan pada perangkat Xiaomi Anda, disarankan untuk memindahkan foto, video, atau media lainnya ke memori eksternal seperti SD Card, USB, atau harddisk.

Dengan melakukan hal ini, Anda dapat memastikan bahwa memori internal perangkat Anda tetap optimal dan memiliki lebih banyak ruang untuk aplikasi dan data penting lainnya.

3. Bersihkan File Sampah Xiaomi

Dengan menggunakan Mi Cleaner, Anda dapat secara efisien membersihkan file sampah dan memori sementara, yang secara signifikan akan meningkatkan ruang penyimpanan yang tersedia pada perangkat Xiaomi Anda. Adapun caranya ialah sebagai berikut.

  • Masuk ke Aplikasi Keamanan pada perangkat Xiaomi Anda.
  • Pilih opsi Pembersih untuk memulai proses optimalisasi.
  • Setelah pemindaian selesai, Anda akan diberikan informasi tentang Ukuran Sampah, yang menandakan ruang yang bisa Anda bebaskan.
  • Lakukan tindakan selanjutnya dengan menekan opsi Bersihkan untuk menghilangkan file tidak perlu.
  • Nikmati perangkat Xiaomi Anda yang lebih efisien setelah membersihkan dan mengoptimalkan ruang penyimpanan.

4. Simpan Data di Cloud

Pengguna Xiaomi dapat mengoptimalkan kapasitas penyimpanan perangkat mereka tidak hanya dengan menyimpan foto, video, dan media lainnya di memori eksternal, tetapi juga melalui opsi penyimpanan cloud yang tersedia.

Xiaomi menyediakan dukungan untuk berbagai layanan cloud, termasuk Mi Cloud, Google Drive, Microsoft OneDrive, dan berbagai platform lainnya. Cara ini terbukti efektif untuk mengurangi penggunaan memori di Xiaomi.

5. Nonaktifkan Unduh Otomatis WhatsApp

WhatsApp memiliki fitur unduh gambar, video, dan media otomatis yang tentu saja membuat kita akan menyimpan media tersebut ke galeri langsung setelah membukanya. Maka dari itu, Anda bisa menonaktifkan opsi tersebut agar tidak memenuhi memori Xiaomi, caranya sebagai berikut.

Pertama, buka WhatsApp Anda
Kemudian masuk ke menu “Settings” atau “Pengaturan”

  • Akses pengaturan, navigasi ke opsi “Penyimpanan dan Data.”
  • Di sana, temukan fitur yang disebut “pengunduhan otomatis media.”
  • Fitur ini mencakup unduhan otomatis untuk foto, audio, video, dan dokumen.
  • Tap setiap kategori dan pilih opsi “tidak pernah” untuk masing-masingnya.

Kesimpulan

Demikian sedikit tips dan tutorial untuk mengatasi memori penuh pada hp Xiaomi. Semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat bagi Anda agar notifikasi memori penuh bisa hilang.

Tinggalkan komentar