Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Mau Nyala Hanya Muncul Logo MIUI

Salah satu masalah yang sulit diatasi di hp Xiaomi adalah ketika restart atau menyalakan hp namun tidak mau menyala dan hanya stuck serta muncul logo MIUI saja.

Masalah ini memang jarang terjadi, dan biasanya disebabkan oleh kerusakan berat pada sistem. Namun, bukan berarti tidak ada cara mengatasi hp Xiaomi yang tidak mau menyala serta hanya muncul logo MIUI saja.

Kami di sini bermaksud memberikan tutorial pembahasan mengenai cara mengatasi hp Xioami yang stuck di logo MIUI dan tidak mau menyala. Silahkan simak artikel kami sampai tuntas.

Penyebab Hp Xiaomi Tidak Mau Menyala Stuck di logo

Penyebab utama ketika hp Xiaomi tak dapat menyala dan hanya terjebak menampilkan logo MIUI adalah masalah yang sering disebut sebagai bootloop.

Hal ini umumnya terjadi karena kegagalan dalam proses pembaruan sistem operasi MIUI, yang bisa disebabkan oleh sejumlah faktor seperti terputusnya koneksi internet saat melakukan pembaruan, instalasi yang tidak berhasil, atau konflik dengan aplikasi dari pihak ketiga.

Saat perangkat mencoba untuk memulai sistem namun terjebak dalam siklus bootloop di mana perangkat terus-menerus mencoba untuk memulai namun selalu gagal, akibatnya perangkat hanya menampilkan logo MIUI tanpa bisa berfungsi sepenuhnya.

Selain masalah pembaruan sistem operasi, bootloop pada perangkat Xiaomi juga bisa disebabkan oleh masalah hardware, seperti kerusakan pada komponen perangkat keras, misalnya kerusakan pada motherboard atau baterai yang lemah.

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Menyala Hanya Muncul Logo MIUI

Ini dia pembahasan dan tutorial cara mengatasi dan memperbaiki hp Xiaomi, Redmi, dan Poco yang tidak mau menyala, berhenti di logo MIUI saja. Silahkan ikuti petunjuknya berikut ini.

1. Factory Reset

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencoba melakukan factory reset. Untuk langkah-langkahnya, Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini.

  • Tekan tombol daya dengan ketegasan untuk mematikan ponsel Xiaomi Anda setelah beberapa detik berlalu.
  • Sementara menahan tombol daya, gabungkan dengan menekan tombol volume ke atas untuk beberapa saat.
  • Tahan tombol volume ditekan hingga muncul menu pemulihan.
  • Cari opsi “Penghapusan Data” atau istilah serupa, lalu pilihnya. Konfirmasikan tindakan Anda.
  • Hindari menggunakan ponsel cerdas Anda sampai proses pengaturan pabrik selesai.
  • Setelah reset keras, perangkat Anda akan restart secara otomatis.
  • Selesai, Anda dapat melanjutkan dengan pengaturan awal untuk ponsel Xiaomi Anda.

2. Masuk Mode Aman

Opsi kedua adalah masuk ke Mode Aman atau Safe Mode di hp Xiaomi. Cara ini bisa dilakukan agar ponsel Xiaomi bisa mendeteksi dan memperbaiki kerusakan secara otomatis, caranya yaitu:

  • Ketika logo Xiaomi muncul, lakukan penekanan dan tahan tombol volume ke bawah selama setidaknya enam detik.
  • Ponsel Xiaomi akan secara otomatis beralih ke mode aman, ditandai dengan tampilan tulisan “Safe Mode” di sudut kiri bawah layar.
  • Jika perangkat berhasil mem-boot ke mode aman, Anda dapat melakukan restart dan melanjutkan operasi seperti biasa.

3. Bawa ke Service Center Xiaomi

Langkah terakhir, jika Anda takut memperbaiki sendiri dan ingin cara yang lebih aman, cobalah untuk langsung datang ke service center Xiaomi terdekat yang ada di daerah Anda.

Bilanglah kepada customer care bahwa hp Anda tidak bisa menyala dan hanya muncul logo MIUI. Jelaskan pula penyebab atau hal terakhir yang dilakukan sebelum error tersebut muncul.

Kesimpulan

Memang agak ribet untuk memperbaiki hp Xiaomi yang tidak menyala dan hanya muncul logo MIUI saja. Namun jika Anda mengikuti tutorial di atas, semoga hp Anda bisa secepatnya kembali normal.

Tinggalkan komentar