5 Cara Mengatasi Hp Lemot Xiaomi agar Lebih Ngebut

Cara mengatasi hp Xiaomi lemot perlu Anda ketahui, khususnya bagi yang terbiasa menggunakan ponsel untuk kebutuhan multitasking ataupun gaming berat.

Semakin banyak dan besar ukuran aplikasi yang dibuka, maka semakin berat kinerja RAM. Hal tersebut tentu saja membuat hp Xiaomi menjadi semakin lemot karena lebih banyak program yang diproses.

Tapi Anda tak usah khawatir, masih ada beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hp Xiaomi yang lemot atau lag agar lebih cepat dan kembali ngebut.

Penyebab Hp Xiaomi Menjadi Lemot

Pertama, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab hp Xiaomi menjadi lemot. Kami telah merangkum dari berbagai sumber dan inilah beberapa penyebabnya.

Hp Xiaomi bisa menjadi lemot karena beberapa alasan yang umumnya berkaitan dengan penggunaan yang berlebihan atau kurang optimal.

Salah satunya adalah terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan, menyebabkan penggunaan CPU dan RAM yang tinggi dan memperlambat kinerja sistem secara keseluruhan.

Penggunaan wallpaper bergerak atau live wallpaper juga dapat menjadi beban tambahan bagi sistem, terutama jika perangkat tidak memiliki spesifikasi yang cukup kuat untuk menangani efek-efek visual tersebut.

Selain itu, terlalu banyak widget di layar utama dapat membebani sistem, terutama jika widget tersebut terus memperbarui informasi secara berkala.

Masalah lain yang dapat menyebabkan kinerja lambat adalah memori internal yang penuh, yang dapat menghambat sistem dalam melakukan proses penyimpanan dan pengambilan data.

Terakhir, penggunaan versi sistem operasi yang belum diperbarui, seperti MIUI atau HyperOS, juga dapat menyebabkan masalah kompatibilitas dan kinerja yang kurang optimal karena belum mendapatkan perbaikan atau peningkatan performa terbaru.

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Lemot dan Lag

Melansir dari berbagai sumber, ini dia cara untuk mengatasi hp Xiaomi yang lemot dan lag. Anda dapat mengikuti panduan dan tata cara yang kami jabarkan di bawah ini.

1. Jangan Install atau Buka Aplikasi Terlalu Banyak

Pertama-tama, untuk mengatasi masalah kinerja lambat pada perangkat Xiaomi Anda, penting untuk membatasi jumlah aplikasi yang diinstal dan dibuka secara bersamaan.

Installasi dan penggunaan terlalu banyak aplikasi tentu saja dapat membebani prosesor dan memori perangkat, yang dapat menyebabkan kinerja yang lambat.

Pastikan untuk hanya menginstal aplikasi yang benar-benar diperlukan dan tutup aplikasi yang tidak sedang digunakan untuk mengurangi beban pada sistem.

2. Hindari Penggunaan Wallpaper Bergerak

Cara sederhana kedua untuk meningkatkan kinerja smartphone Xiaomi yang lambat adalah dengan menghindari penggunaan wallpaper bergerak.

Wallpaper bergerak atau live wallpaper dapat mengonsumsi sumber daya sistem yang cukup banyak, terutama daya baterai dan pengolahan grafis.

Untuk mengatasi masalah ini, gantilah wallpaper bergerak Anda dengan gambar atau wallpaper statis. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi beban pada sistem dan mempercepat Xiaomi Anda.

3. Gunakan Widget Sesedikit Mungkin

Terlalu banyak widget dapat membebani sistem dan memperlambat kinerja perangkat Xiaomi Anda. Setiap widget aktif memerlukan sumber daya sistem tambahan.

Sumber daya digunakan oleh widget untuk memperbarui informasi secara teratur, sehingga dapat mengurangi daya tahan baterai dan membuat perangkat terasa lambat.

Untuk mengoptimalkan kinerja perangkat Anda, sebaiknya gunakan widget sesedikit mungkin atau hanya gunakan widget yang benar-benar Anda butuhkan.

4. Jangan Sampai Memori Xiaomi Penuh

Selanjutnya, pastikan untuk secara teratur memantau jumlah ruang penyimpanan yang tersedia di perangkat Xiaomi Anda, pastikan jangan sampai memori hp penuh.

Jika memori internal Xiaomi hampir penuh, ini dapat menyebabkan kinerja yang lambat karena sistem operasi memiliki sedikit ruang untuk bekerja.

Untuk mengatasi ini, hapus file yang tidak diperlukan atau pindahkan foto, video, dan aplikasi yang jarang digunakan ke penyimpanan eksternal seperti HDD, flashdisk, atau cloud.

5. Update MIUI atau HyperOS Berkala

Terakhir, pastikan untuk mengupdate sistem operasi Xiaomi Anda secara teratur. Xiaomi seringkali merilis pembaruan perangkat lunak untuk meningkatkan kinerja, keamanan, dan stabilitas perangkat.

Dengan menginstal pembaruan MIUI atau HyperOS terbaru, Anda dapat memperbaiki bug yang mungkin mengganggu kinerja perangkat Anda serta meningkatkan efisiensi sistem secara keseluruhan.

Selain itu, pembaruan perangkat lunak juga dapat memperkenalkan fitur-fitur baru yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna Anda dengan perangkat Xiaomi Anda.

Kesimpulan

Demikian uraian singkat tentang cara mengatasi hp Xiaomi yang lemot dan lag. Dengan adanya artikel ini, diharapkan Anda bisa menerapkan pada smartphone masing-masing agar kinerjanya semkain baik.

Tinggalkan komentar