5 Cara Cek Touchscreen Xiaomi Normal atau Rusak

Jangan anggap sepele touchscreen pada hp Xiaomi, karena itu merupakan salah satu komponen yang paling gampang rusak di antara komponen lainnya, termasuk di perangkat Android lain juga sama.

Anda pun bisa mengecek apakah ada kerusakan pada layar hp Xiaomi yang tak nampak di mata secara lebih detail oleh sistem dan fitur bawaan yang sudah ada pada smartphone Xiaomi.

Jadi, Anda tidak perlu ke tempat service untuk melakukan pengecekan layar sentuh atau touchscreen. Bagi yang belum tahu caranya, bisa menyimak penjelasan ini sampai tuntas.

Apa Itu Touchscreen di Hp Xiaomi?

Touchscreen pada hp Xiaomi adalah teknologi layar sentuh yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat menggunakan sentuhan langsung pada tampilan visual smartphone.

Layar sentuh ini menyajikan antarmuka yang intuitif, memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas seperti menjelajah aplikasi, menggesek gambar, dan memasukkan teks dengan mudah.

Dengan menggunakan jari tangan atau pena digital khusus touchscreen, pengguna dapat melakukan berbagai gestur atau sentuhan untuk mengakses fungsi-fungsi yang beragam.

Teknologi ini telah menjadi standar dalam industri smartphone, termasuk pada perangkat-perangkat Xiaomi, memberikan pengalaman pengguna yang lebih responsif dan mudah digunakan.

Layar sentuh pada hp Xiaomi tidak hanya memfasilitasi penggunaan sehari-hari, tetapi juga memberikan fleksibilitas dalam pengolahan informasi.

Pengguna dapat memperbesar atau memperkecil gambar dengan menggesekkan dua jari, menjelajahi halaman web dengan menggesek layar, dan bahkan membuat catatan atau gambar dengan pena digital.

Baca Juga:  5 Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi Secara Menyeluruh

Tapi bukan berarti touchscreen Xiaomi tidak bisa rusak, justru seperti yang kami sampaikan bahwa ini merupakan komponen yang bisa cepat rusak dibandingkan komponen lainnya.

Cara Cek Kerusakan Touchscreen Hp Xiaomi

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, mari sama-sama kita menyimak bagaimana cara cek kerusakan atau touchscreen pada hp Xiaomi. Anda bisa melihat penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Masuk ke Menu Panggilan di Xiaomi

Untuk memulai pengujian perangkat keras pada ponsel Xiaomi Anda, langkah awal yang perlu Anda ambil adalah masuk ke dalam menu panggilan pada perangkat.

2. Ketik *#*#64663#*#*

Dengan memasukkan kode spesifik *#*#64663#*#*, Anda akan membuka pintu menu uji hardware khusus yang disediakan oleh Xiaomi.

Ketikkan kode tersebut pada layar panggilan dan lakukan panggilan untuk mengakses berbagai opsi pengujian.

3. Pilih Touch Sensor

Beranjaklah ke menu Touch Sensor yang berada pada urutan ke-4 dari daftar opsi yang ditampilkan.

Fungsi dari menu ini sangat penting, yaitu untuk mengukur dan menguji sensitivitas layar pada perangkat Xiaomi Anda.

4. Sentuh Semua Kotak Kosong

Setelah masuk ke dalam menu Touch Sensor, Anda akan dihadapkan pada tugas yang melibatkan menyentuh setiap kotak kosong yang terpampang di layar.

Hasil dari sentuhan Anda akan tercermin saat kotak-kotak tersebut berubah warna menjadi hijau atau biru, menandakan bahwa bagian layar tersebut masih berfungsi dengan normal.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Terhubung

Sebaliknya, apabila kotak tetap berwarna putih, hal ini dapat mengindikasikan adanya potensi kerusakan pada layar ponsel.

5. Selesai

Setelah berhasil menyelesaikan uji sentuh pada setiap kotak, Anda dapat membuat kesimpulan terkait kondisi layar ponsel Xiaomi Anda.

Jika ada bagian yang menunjukkan warna putih, hal ini mungkin menandakan adanya potensi kerusakan. Untuk langkah selanjutnya, disarankan untuk segera menggantinya melalui service center resmi Xiaomi.

Dengan demikian, Anda dapat memastikan perbaikan yang tepat dan berkualitas untuk memulihkan kinerja layar perangkat Anda.

Kesimpulan

Sekian pembahasan artikel tentang cara cek kerusakan touchscreen pada hp Xiaomi. Semoga penjelasan kami bermanfaat dan bisa membuat Anda segera melakukan penggantian layar apabila ditemukan kerusakan.

Tinggalkan komentar