2 Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi Redmi Semua Tipe

Di sini kami akan menjelaskan bagaimaan cara untuk cek kesehatan baterai Xiaomi, Redmi, dan Poco semua tipe. Sesuai namanya, fitur ini mirip seperit battery health pada iPhone.

Tentu saja dengan mengecek kesehatan baterai Xiaomi kita bisa mengetahui apakah baterai yang kita gunakan saat ini masih layak atau sudah harus diganti. Pastinya ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan.

Namun pertama-tama, sebagian besar pengguna Xiaomi mungkin masih belum familiar dengan fitur ini. Untuk itulah kamia akan menjelaskan cara mengecek battery health di hp Xiaomi.

Fitur Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

Fitur cek kesehatan baterai pada perangkat Xiaomi merupakan sebuah fungsi yang memungkinkan pengguna untuk mengevaluasi kondisi baterai pada ponsel mereka.

Fitur ini memberikan informasi penting terkait performa baterai, seperti tingkat kualitas baterai dan jumlah siklus pengisian daya yang telah dilakukan.

Melalui fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menentukan sejauh mana kesehatan baterai mereka, sekaligus memonitor apakah baterai sudah mengalami penurunan performa atau sudah waktunya untuk diganti.

Misalnya, jika baterai telah melewati 800 siklus pengisian daya, fitur ini akan memberi peringatan bahwa kesehatan baterai sudah berkurang 20%, dan batas maksimum pengisian daya hanya 80%.

Informasi ini memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pengguna mengenai kondisi baterai mereka, sehingga dapat mengambil langkah-langkah yang tepat, seperti mengganti baterai jika diperlukan.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Dengan fitur cek kesehatan baterai Xiaomi, pengguna dapat menjaga performa baterai dan mencegah potensi masalah yang dapat muncul akibat penggunaan yang berlebihan.

Pengukuran siklus pengisian daya dan persentase kesehatan baterai memberikan gambaran jelas tentang seberapa sering baterai diisi ulang dan seberapa baik baterai telah dipelihara.

Informasi ini tidak hanya membantu dalam memperpanjang umur baterai, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk mengantisipasi ketika baterai sudah mencapai batas umur pakainya dan memerlukan penggantian.

Cara Mengecek Kesehatan Baterai Xiaomi

Langsung saja tanpa banyak basa basi lagi, yuk kita simak bersama-sama caranya mengecek kesehatan baterai atau battery health pada smartphone Xiaomi di bawah ini.

1. Cek Kesehatan Baterai Xiaomi di Pengaturan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek kesehatan baterai atau battery health Xiaomi adalah dengan melihatnya di menu pengaturan. Untuk melakukan pengecekan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama buka menu Pengaturan di hp Xiaomi Anda
  • Kemudian masuk ke menu Baterai
  • Setelah itu carilah menu Penggunaan Baterai
  • Di sana pengguna akan melihat status kesehatan baterai selama 24 jam terakhir
  • Pengguna juga akan melihat aplikasi yang paling banyak digunakan dalam 24 jam terakhir

2. Cek Battery Health Xiaomi dengan Kode USSD

Alternatif lainnya Anda bisa mengecek kesehatan baterai pada ponsel Xiaomi melalui kode panggilan telepon atau biasa disebut kode USSD atau kode UMB. Cara mengeceknya juga mudah, yaitu sebagai berikut.

  • Silahkan buka menu panggilan telepon pada smartphone Xiaomi Anda
  • Kemudian ketikkan kode *#*#6485#*#*
  • Setelah itu Anda akan melihat tampilan parameter battery health dan kondisi baterai lainnya yang bertuliskan Battery and Charger Info
  • MB_06 adalah kode status battery health Anda, statusnya bisa Good atau Bad
  • MF_02 berisi informasi persentase kinerja isi daya
  • MF_00 adalah informasi persentase baterai asli
Baca Juga:  3 Cara Menghidupkan Hp Xiaomi Tanpa Tombol Power

Kesimpulan

Diharapkan Anda bisa memahami tentang cara melaukan pengecekan pada smartphone Xiaomi dan bisa menggantinya tepat waktu apabila sudah semestinya diganti.

Tinggalkan komentar