5 Cara Cek IMEI Xiaomi Redmi Secara Akurat

Ketika membeli smartphone Xiaomi entah baru atau bekas, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek IMEI Xiaomi. Cara cek IMEI Xiaomi ini dilakukan untuk memastikan keaslian perangkat smartphone kita.

Mungkin juga sudah banyak yang tau salah satu cara cek IMEI adalah dengan melihat nomor seri pada box atau label yang biasa terdapat pada bagian belakang smartphone. Tapi bagaimana jika box dan label tersebut hilang?

Tak perlu khawatir, sebab masih ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor IMEI ponsel Xiaomi kita. Bagaimana caranya? Kami akan membahasnya secara rinci pada ulasan berikut.

Apa Itu IMEI Xiaomi?

IMEI Xiaomi memiliki peran penting dalam mengidentifikasi dan membedakan setiap perangkat smartphone yang diproduksi oleh Xiaomi, termasuk seri-seri populer seperti Redmi dan Poco.

Singkatan dari International Mobile Equipment Identity, IMEI adalah sejenis nomor identitas unik yang diberikan pada setiap perangkat ponsel. Dengan IMEI ini, ponsel Xiaomi dapat diidentifikasi secara global, memberikan kejelasan tentang keaslian perangkat tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa IMEI Xiaomi umumnya terdiri dari 14 hingga 15 digit yang berbeda-beda. Dengan panjang digit yang unik, IMEI menjadi cara efektif untuk membedakan satu perangkat dari yang lain.

Faktanya, ini juga membantu pihak berwenang untuk melacak dan mengidentifikasi perangkat yang hilang. Oleh karena itu, IMEI Xiaomi bukan hanya sekadar nomor acak, tetapi juga alat keamanan yang penting.

Ketika membeli ponsel Xiaomi, Redmi, atau Poco yang resmi beredar di Indonesia, penting untuk memastikan bahwa perangkat tersebut memiliki IMEI yang sah. Ini adalah tanda bahwa perangkat tersebut dipasarkan secara legal.

Perangkat legal bisa digunakan untuk melakukan panggilan dan mengakses layanan internet menggunakan kartu SIM Indonesia. Oleh karena itu, IMEI tidak hanya menjadi identitas fisik, tetapi juga menjadi jaminan bagi pengguna.

Dengan memverifikasi IMEI saat pembelian, pengguna dapat memastikan bahwa mereka mendukung perdagangan barang legal yang tidak merugikan pihak lain. Oleh karena itu, IMEI juga merupakan komponen penting dalam menjaga keamanan dan keaslian perangkat.

Cara Mengecek IMEI Xiaomi Asli atau Bukan

Secara umum, terdapat 5 cara untuk mengecek keaslian IMEI perangkat Xiaomi apakah asli atau bukan. Bisa melalui bodi di belakang hp, pengaturan, kode telepon USSD, mode engineer atau CIT, hingga mengecek melalui situs resmi Kemenperin.

Bagi yang masih belum tahu cara mengecek IMEI perangkat Xiaomi, kami akan menjelaskannya kepada Anda satu per satu secara rinci. Silahkan simak ulasan lengkapnyya di bawah ini.

1. Cek IMEI Xiaomi Melalui Bodi Belakang HP

Cara pertama dan paling mudah untuk mengetahui keaslian IMEI Xiaomi adalah dengan mengeceknya melalui bodi bagian belakang hp. Caranya sebagai berikut:

  • Perhatikan bagian belakang bodi handphone Redmi Anda dan temukan nomor IMEI. Alternatifnya, cek di bagian belakang kemasan atau kotak handphone.
  • Nomor IMEI Redmi terdiri dari 14 hingga 15 digit.
  • Kunjungi situs resmi Mi atau klik https://m.buy.mi.co.id/id/registration.
  • Masukkan nomor IMEI Redmi Anda di kolom yang tersedia, lalu klik ‘Langkah Selanjutnya’.
  • Tunggu beberapa saat hingga informasi mengenai status IMEI Redmi Anda muncul.

2. Mengecek IMEI Xiaomi Melalui Menu Pengaturan

Bila box IMEI atau label pada bagian bodi belakang smartphone sudah hilang, ada cara lain untuk mengecek IMEI Xiaomi, yaitu melalui pengaturan. Caranya:

  • Pilih menu Pengaturan di layar utama handphone Redmi Anda.
  • Masuk ke menu Pengaturan, lalu gulir ke bawah untuk mencari menu ‘About Phone (Tentang Ponsel)’ dan klik.
  • Pilih opsi menu Status, kemudian klik lagi menu IMEI Information.
  • Informasi mengenai nomor IMEI Redmi Anda akan muncul di layar.

3. Mengetahui IMEI Xiaomi Dengan Kode Telepon

Ketiga, Anda bisa mengetahui nomor IMEI Xiaomi melalui kode telepon atau panggilan USSD. Langkah ini juga bisa dibilang praktis, dan caranya sangat mudah yaitu:

  • Pilih menu Telepon di handphone Redmi Anda.
  • Ketik kode *#06# pada dial telepon, lalu klik tombol hijau atau Telepon / Call.
  • Tunggu sebentar, dan nomor IMEI Redmi Anda akan muncul di layar.
  • Jika handphone Redmi mendukung Dual SIM, dua nomor IMEI mungkin muncul untuk SIM Card pertama dan kedua.

4. Melihat IMEI Xiaomi Melalui Mode Engineer atau CIT

Mode engineer atau CIT Xiaomi juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui nomor IMEI Xiaomi, cara yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti panduan di bawah ini:

  • Pastikan handphone Redmi dalam kondisi stand by dan tidak terkunci.
  • Buka layar utama, pilih menu Pengaturan.
  • Gulir ke bawah dan cari menu ‘Tentang Ponsel’.
  • Tekan 5 kali pada Versi Kernel, dan perintah untuk memeriksa IMEI Redmi akan muncul di tampilan mode engineering.
  • Lihat di bagian menu SW dan HW version untuk mengecek nomor IMEI Redmi.

5. Cek IMEI Xiaomi dari Situs Kementerian Perindustrian

Terakhir, Anda bisa langsung cek keaslian IMEI Xiaomi, Redmi, dan Poco pada situs resmi Kementrian Perindustrian. Langkah-langkah untuk mengeceknya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi browser di handphone Anda dan buka situs Kementerian Perindustrian atau klik https://imei.kemenperin.go.id/.
  • Masukkan nomor IMEI Redmi yang telah Anda temukan.
  • Klik ikon search untuk menyetujui, dan tunggu hingga informasi mengenai status IMEI Redmi Anda muncul.
  • Pastikan IMEI Redmi Anda terdaftar di database Kementerian Perindustrian dan dapat diakses melalui jaringan seluler di Indonesia.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang cara mengecek IMEI Xiaomi secara mudah dan akurat. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengetahui berapa nomor IMEI Anda dan apakah IMEI Xiaomi Anda asli atau palsu.

Tinggalkan komentar