3 Cara Cek Hp Xiaomi Asli atau Palsu

Ketika baru membeli sebuah hp Xiaomi baru atau bekas, kita harus mengetahui cara cek hp Xiaomi asli atau palsu. Tujuannya agar kita mendaptkan barang yang resmi dan asli.

Karena jika tidak resmi, kemungkinan kita tidak akan bisa klaim garansi Xiaomi apabila terjadi kerusakan pada perangkat kita. Selain itu, komponen hp Xiaomi asli juga sudah terjamin kualitasnya sehingga ponsel menjadi lebih awet.

Lantas bagaimana cara mengecek hp Xiaomi asli atau palsu? Tentu saja ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahuinya, silahkan simak penjelasan di bawah ini secara lengkap.

Ciri-ciri Hp Xiaomi Asli atau Palsu

Di masa sekarang, penting untuk memahami ciri-ciri Xiaomi asli agar tidak salah beli ketika berada di toko, membeli bekas secara COD, atau bertransaksi secara online. Berikut adalah panduan detil untuk memastikan keaslian Xiaomi yang akan Anda beli:

1. Cek Kondisi Fisik Hp

Untuk memastikan keaslian Xiaomi, langkah pertama adalah dengan memeriksa kondisi fisik perangkat. Xiaomi asli biasanya dilengkapi dengan sertifikasi replacement, kode garansi, dan kode keamanan yang tertera pada casingnya.

Pastikan untuk memeriksa kelengkapan serta keaslian segel tersebut sebelum memutuskan untuk membeli. Sehingga Anda akan benar-benar mendapatkan ponsel Xiaomi yang asli dan bukan KW.

2. Cek Sistem Operasi

Xiaomi yang asli umumnya menggunakan sistem operasi MIUI atau HyperOs. Pastikan perangkat yang Anda pilih memiliki antarmuka pengguna yang khas dari Xiaomi.

Pengecekan lebih lanjut dapat dilakukan melalui situs resmi Xiaomi untuk memastikan bahwa perangkat yang Anda beli telah memenuhi standar resmi dari produsen.

3. Pengecekan Baterai Xiaomi

Baterai juga menjadi fokus utama dalam mengidentifikasi Xiaomi asli. Baterai asli Xiaomi biasanya berwarna oranye sedangkan jika baterai Xiaomi warnanya lain kemungkinan palsu.

Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa warna baterai saat Anda membeli perangkat. Warna yang sesuai dengan standar oranye Xiaomi dapat menjadi indikator keaslian perangkat.

4. Cek Layar

Layar perangkat Xiaomi asli memiliki ciri khas berupa kecerahan dan kejernihan yang tinggi. Sebaliknya, perangkat palsu atau KW dapat menunjukkan layar yang kekuning-kuningan.

Untuk memastikan keaslian, Anda dapat membandingkan layar perangkat yang ingin Anda beli dengan tampilan layar pada perangkat Xiaomi yang resmi. Pastikan bahwa warna dan kejernihan layar sesuai dengan standar kualitas yang diharapkan dari Xiaomi.

Cara Mengecek Hp Xiaomi Asli atau Palsu

Satu-satunya cara yang paling valid dan terbukti untuk memastikan apakah hp Xiaomi asli atau palsu adalah dengan mengecek IMEI terdaftar di situs resmi Xiaomi dan Kemenperin atau tidak. Maka dari itu, pertama Anda perlu mengetahui cara cek IMEI Xiaomi terlebih dahulu.

Untuk memverifikasi nomor IMEI ponsel Xiaomi Anda, Anda dapat menggunakan kode USSD atau memeriksanya melalui menu Pengaturan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan informasi IMEI secara rinci:

1. Cek IMEI Lewat Kode USSD

Pertama silahkan coba mengecek IMEI Xiaomi menggunakan kode USSD dengan cara yang cukup mudah dan praktis sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Telepon pada perangkat Anda.
  2. Ketik atau tekan kode *#06# pada layar Telepon.
  3. Kode IMEI perangkat Anda akan muncul secara otomatis di layar.
  4. Bandingkan kode IMEI yang muncul di layar dengan yang tertera pada kemasan dan stiker perangkat Anda.

2. Cek IMEI di Menu Settings

Alternatifnya Anda bisa mencoba membuka menu Pengaturan atau Settings untuk mengetahui nomor digit IMEI ponsel Xiaomi Anda, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka menu Pengaturan pada perangkat Anda.
  2. Temukan dan pilih opsi yang disebut “About Phone” atau “Tentang Ponsel”.
  3. Cari dan pilih opsi yang menyebut “All Specs” atau “Semua Spesifikasi”.
  4. Pilih opsi yang berkaitan dengan “Status” pada layar.
  5. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan informasi mengenai IMEI perangkat Anda.

3. Validasi IMEI Secara Online

Setelah mengetahui nomor IMEI ponsel Anda, langkah berikutnya Anda perlu memastikan apakah IMEI Xiaomi Anda asli atau bukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Akses situs web resmi Mi Product Verification melalui browser di perangkat Anda.
  2. Temukan dan catat nomor IMEI yang terdapat pada ponsel Xiaomi Anda.
  3. Navigasikan ke bagian atau halaman di situs web yang menyediakan layanan verifikasi produk.
  4. Masukkan nomor IMEI yang telah Anda catat ke dalam bidang yang disediakan di situs web.
  5. Untuk keamanan, situs web mungkin meminta Anda memasukkan kode Captcha. Masukkan kode Captcha yang ditampilkan dengan benar.
  6. Setelah memasukkan kode IMEI dan Captcha, klik tombol “Verify” atau sejenisnya untuk memulai proses verifikasi.
  7. Setelah mengklik tombol verifikasi, tunggu beberapa saat hingga situs menampilkan hasil verifikasi. Informasi produk yang valid dan sah akan ditampilkan.

Kesimpulan

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara mengecek hp Samsung asli atau palsu. Diharapkan dengan adanya artikel ini Anda bisa lebih berhati-hati ketika membeli smartphone Xiaomi baru atau bekas.

Tinggalkan komentar