2 Cara Cari Perangkat Xiaomi yang Hilang atau Lupa

Smartphone Xiaomi Anda hilang atau lupa ditaruh di mana? Maka Anda harus mengetahui cara cari perangkat Xiaomi yang hilang atau lupa untuk menemukannya.

Cara tersebut pun bisa dilakukan dengan berbagai cara dan berbagai opsi yang akurat. Jadi kita tidak perlu khawatir apabila lupa menaruh ponsel Xiaomi kita di mana.

Tentu saja di sini kami akan membahas tentang bagaimana cara mencari perangkat smartphone Xiaomi yang hilang. Maka dari itu Anda perlu membaca artikel ini sampai tuntas.

Cara Mencari Perangkat Xiaomi yang Hilang

Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk mencari perangkat smartphone Xiaomi yang hilang atau lupa menaruhnya di mana. Cara pertama adalah melalui Mi Cloud dan kedua adalah menggunakan Google Find My Device.

Masing-masing penjelasan tentang cara menemukan ponsel Xiaomi yang hilang tersebut bisa dilihat pada penjelasan di bawah ini. Silahkan simak ulasannya secara rinci pada panduan berikut.

1. Cari Xiaomi Hilang dengan Mi Cloud

Pertama, Anda bisa memanfaatkan Mi Cloud sebagai aplikasi bawaan Xiaomi untuk menemukan hp yang hilang. Fitur ini bisa digunakan untuk melihat data yang tersimpan pada cloud, bahkan menghapus data perangkat dari jarak yang sangat jauh.

Adapun cara untuk menemukan smartphone Xiaomi yang hilang dengan memanfaatkan fitur Mi Cloud ialah sebagai berikut.

1. Masuk ke Akun Mi Cloud

Pertama-tama Anda harus masuk ke akun Mi Cloud menggunakan perangkat lain. Caranya silahkan akses https://i.mi.com/ lalu masuk dengan email dan kata sandi Anda.

Di layar utama nanti Anda akan menemukan beberapa pilihan menu seperti Kontak, Galeri, Pesan, Rekaman, Find My Device, dan lainnya.

2. Masuk ke Find My Device

Selanjutnya silahkan klik opsi Find My Device untuk mengetahui lokasi ponsel Anda di peta. Fitur Find My Device ini akan melacak perangkat Xiaomi Anda ada di mana.

Silahkan cari dan klik perangkat ponsel Xiaomi Anda yang telah terdeteksi melalui fitur Find My Device ini. Di sana Anda juga akan mengetahui titik koordinat ponsel Anda berada.

3. Aktifkan Mode Hilang

Apabila perangkat tak bisa ditemukan dari fitur di atas karena sudah dimatikan sinyalnya, maka Anda bisa segera mengaktifkan mode hilang supaya orang lain tidak bisa mengakses perangkat tersebut. Sehingga data-data Anda akan aman.

Pengguna smartphone Xiaomi juga dianjurkan untuk menghapus data perangkat yang ada di memori. Tujuannya adalah untuk menjaga privasi pengguna dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

2. Cari Xiaomi Hilang dengan Google Find My Device

Alternatif lainnya kita bisa menggunakan fitur Google Find My Device. Hampir mirip seperti fitur yang diberikan oleh Mi Cloud, penggunaannya juga cukup praktis, silahkan ikuti panduan berikut.

1. Buka Browser di Perangkat Lain

Pengguna diminta untuk membuka peramban web di komputer atau perangkat lainnya dan masuk ke akun Google yang terhubung dengan ponsel Xiaomi yang hilang.

Tujuan hal ini dilakukan adalah untuk memastikan akses ke fitur pelacakan dan pengelolaan perangkat yang terkait dengan akun Google.

2. Kunjungi Google Find My Device

Setelah masuk browser, pengguna Xiaomi harus pergi ke laman https://www.google.com/android/find/ untuk memulai proses pelacakan ponsel.

Laman Google Find My Device ini menyediakan antarmuka yang memungkinkan pengguna melacak lokasi ponsel Xiaomi yang hilang atau dicuri.

3. Cek Lokasi Hp Xiaomi

Setelah mengakses laman pelacakan, informasi lokasi ponsel Xiaomi yang hilang akan ditampilkan pada peta. Pengguna dapat melihat dengan detail di mana perangkat berada atau terakhir kali terdeteksi.

Jika ponsel Xiaomi tidak terhubung ke jaringan atau dalam kondisi mati saat dilacak, laman akan menampilkan lokasi terakhir yang diketahui. Hal ini memberikan informasi terkini meskipun perangkat tidak aktif.

4. Lakukan Aksi Tambahan

Selain pelacakan, pengguna memiliki opsi untuk menggunakan fitur tambahan. Putar Suara membantu menemukan ponsel dengan memutar suara, Amankan Ponsel memberikan langkah-langkah keamanan tambahan, dan Menghapus data Perangkat dapat digunakan untuk menghapus semua data ponsel dalam situasi yang kritis.

Jika pengguna yakin bahwa ponsel tidak dapat ditemukan kembali, mereka memiliki opsi untuk menghapus semua data perangkat. Langkah ini direkomendasikan untuk melindungi informasi pribadi dan menjaga privasi dari potensi penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kesimpulan

Semoga artikel tentang cara mencari perangkat Xiaomi yang hilang atau lupa ditaruh di mana ini bermanfaat. Sehingga Anda memiliki petunjuk dan dapat berusaha untuk menemukannya secara akurat.

Tinggalkan komentar